Tuesday, November 15, 2011

FUNGSI PERPUSTAKAAN

Setiap perpustakaan diselenggarakan dengan maksud dan tujuan tertentu, dan ada perbedaan fungsi yang sifatnya lebih spesifik pada setiap jenis perpustakaan, namun pada umumnya perpustakaan mempunyai fungsi yang sama, yaitu:

1. Penyimpanan

Perpustakaan bertugas menyimpan koleksi (informasi) yang diterimanya, ini terlihat pada perpustakaan nasional setiap negara. Karena tidak semua bahan pustaka (koleksi yang mengandung informasi) harganya dapat terjangkau oleh masyarakat atau orang yang membutuhkan, maka pemeritah mempunyai salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan pembelian koleksi, yaitu dengan mengeluarkan peraturan yang disebut Undang-Undang Deposit.

2. Pendidikan

Perpustakaan merupakan tempat belajar seumur hidup, lebih-lebih mereka yang sudah bekerja atau telah meninggalkan bangku sekolah ataupun putus sekolah.

3. Penelitian

Perpustakaan berfungsi menyediakan berbagai macam koleksi (informasi) untuk keperluan penelitian yang dilakukan oleh pemakai. Kedalaman dan cakupan pada setiap penelitian dapat berbeda meskipun topiknya sama, yakni tergantung pada tujuannya.

4. Informasi

Perpustakaan menyediakan informasi bagi pemakai yang disesuaikan dengan jenis perpustakaan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi jika perpustakaan dipandang sebagai sumber informasi, yaitu:

a. Menghimpun berbagai macam (sumber) informasi.

b. Mengolah bermacam-macam (sumber) informasi berdasarkan sistem tertentu.

c. Menyebarluaskan bermacam-macam (sumber) informasi kepada pemakai perpustakaan.

d. Dalam hal tertentu, berfungsi sebagai tempat lahirnya informasi.

e. Melestarikan berbagai macam (sumber) informasi.

f. Memberikan informas bagi masyarakat sekarang dan masyarakat yang akan datang.

5. Rekreasi Kultural

Perpustakaan berfungsi menyimpan khasanah budaya bangsa. Perpustakaan berperan meningkatkan apresiasi budaya dari masyarakat sekitar perpustakaan melalui penyediaan bahan bacaan.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates

DonkeyMails.com: No Minimum Payout