Wednesday, November 9, 2011

Pentingnya Pustakawan Mempelajari Psikologi

Mengapa pustakawan perlu mempelajari psikologi?
Sebelum menjawab pertanyaan, kita lihat dulu tugas dari pustakawan. Tugas utama pustakawan adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemakai. Agar hal ini dapat terlaksana maka pustakawan harus melakukan berbagai kegiatan mulai dari pengadaan bahan pustaka, penyebaran informasi, membimbing pemakai untuk dapat menggunakan perpustakaan dengan efektif, dan lain-lain.
Didalam melaksanakan tugasnya ini, pustakawan tidak hanya berhubungan dengan buku-buku, majalah maupun benda mati lainnya. Ia harus juga berinteraksi dengan orang lain. Sebagai bagian dari organisasi, seorang pustakawan harus dapat bekerjasama dengan atasan, bawahan maupun rekan sekerjanya. Ia juga harus berhubungan dengan penerbit, took buku ataupun distributor untuk memperoleh bahan pustaka. Ia juga harus menjalin kerja sama dengan sesama pustakawan baik untuk peningkatan pengetahuan maupun pertukaran informasi. Selain itu, pustakawan akan berinteraksi dengan pemakai.
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku. Pengetahuan tentang psikologi diharapkan dapat membantu pustakawan dalam berhubungan dengan orang lain. Misalnya, kita akan tahu bagaimana cara memotivasi bawahan, bagaimana menyelesaikan konflik dengan rekan sekerja, bagaimana menjalin kerja sama dengan orang lain. Dalam kaitannya dengan pemakai, pustakawan dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan karakter si pemakai. Kita harus menyadari bahwa cara melayani pemakai tidaklah selalu tergantung dari kebutuhan dan karakter pemakai. Ada pemakai yang senang diajak bicara, tetapi ada pula pemakai yang lebih suka untuk dilayani dengan cepat tanpa basa-basi. Ada pemakai yang pemalu, sehingga perlu kita sapa. Tetapi ada pula pemakai yang lebih suka mencari informasi tanpa bantuan pustakawan. Pustakawan harus belajar mengenal karakter pemakai. Jika pemakai puas dengan layanan yang diterimanya berarti kebutuhan pengguna telah terpenuhi.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates

DonkeyMails.com: No Minimum Payout